Selasa, 28 Agustus 2012

Komponen Browser







Komponen Browser sangat amat penting untuk dipahami untuk para Browser yang ingin Browsing di Internet. Adapun tombol-tombol browser di semua browser berlaku secara universal, hampir semua tombol nama serta fungsinya sama. Berikut adalah beberapa Komponen utama browser;
1. Title Bar
Ditampilkan jenis browser dan informasi halaman web yang dibuka. Di ujung sebelah kanan terdapat 3 tombol : minimize, restore/maximize dan close.
2.  Menu Bar
Pilihan menu bentuk tulisan File, Edit, View dll. Digunakan untuk mengelola halaman web yang ditampilkan, seperti menyimpan isi halaman web.
3.  Toolbar
Pilihan menu bentuk simbol alat dibagian bawah menu. Digunakan untuk mengelola halaman web yang ditampilkan. Toolbar pokok dalam browser adalah :
3.1. Back
digunakan untuk menuju ke halaman web yang sebelumnya diakses. Toolbar ini bisa digunakan bila dihalaman yang sama telah mengakses beberapa halaman web.
3.2. Next
digunakan untuk menuju ke halaman web yang sudah diakses. Next bisa digunakan bila telah menggunakan toolbar Back.
3.3. Reload/refresh
digunakan untuk mengulangi proses penampilan halaman web yang diakses.
3.4. Stop
digunakan untuk menghentikan proses penampilan halaman web (loading) yang baru diakses.
4. Address Bar
Form tempat menuliskan alamat website yang akan dikunjungi / dibuka. Di ujung kanan address bar terdapat tulisan Go atau anak panah yang  berfungsi untuk mengeksekusi / menjalankan perintah koneksi internet ke halaman web yang ditulis.
Address bar digunakan untuk menuliskan alamat web yang terdaftar.
5.   Websearch bar
Form tempat menuliskan kata kunci pencarian bila belum mengenal alamat web yang akan dikunjungi. Jika tidak yakin dengan alamat web yang akan dikunjungi, maka lebih baik menggunakan websearch daripada address.
Websearch merujuk kepada sebuah alamat website pencarian, seperti Yahoo, Google dll.
6.  Toolbar Bookmark
Toolbar ini berisi tombol-tombol shortcut (jalan pintas) menuju ke halaman web favorit atau sering dibuka. Jadi untuk membuka halaman web tidak perlu menuliskan alamatnya di address. Bookmark dibuat secara manual.
7.  Tab bar
Tab ini merupakan tampilan satu halaman dalam browser. Tab bisa ditambahkan untuk membuka halaman web yang lain dalam 1 browser. Jadi dalam satu waktu bisa membuka beberapa halaman web secara bersamaan.

0 comments:

 
Chrome Pointer